Sabtu, 26 Juni 2010

Analisis Web Usability : www.chip.co.id [part 3 of 4]

Ayo kita lanjutkan ya....

Posting ini adalah bagian lanjutan dari dua posting saya sebelumnya dengan judul yang sama, yaitu Analisis Web Usability : www.chip.co.id [part 1 of 4] dan Analisis Web Usability : www.chip.co.id [part 2 of 4].


6. Recognition rather than recall
: meminimimalisasi ingatan dari pengguna lebih baik daripada pengguna harus mengingatnya, meminimalisasinya dapat digunakan dengan menggunakan objek, option, dan aksi yang visibel.

asdasd


7. Flexibitility and eficience of use
: Permudah pengguna untuk melakukan kegiatannya dengan lebih cepat.

Web ini sangat membantu user yang menginginkan informasi secara cepat dan up-to-date. Sehingga tidak harus menunggu majalah yang hanya terbit setiap bulannya. Dalam hal penggunaan web ini, pengguna cukup banyak diberi kemudahan. Contoh kemudahan tersebut banyak kita jumpai contohnya jika kita sedang mengakses forum.
Pertama
, dalam forum tersebut disediakan fungsi Search. Fungsi search sangat membantu pengguna dalam mencari apa yang pengguna inginkan. Proses pencarian dilakukan dengan menelusuri semua forum yang ada, baik dalam judul maupun isi dari forum tersebut. Hal ini memiliki nilai positif yaitu kita dapat mencari dalam keseluruhan forum. Namun dampak negatifnya menyurut saya jauh lebih tidak mengenakan pengguna. Hasil pencarian menjadi terlalu banyak dan banyak sekali yang tidak relevant dengan yang dicari. Terlebih lagi search result nya tidak disort menurut relevansinya.


Kedua, diberikan fasilitas untuk Quick Replay pada saat kita ingin memberikan balasan dalam sebuah thread. Hal ini tentu sangat membantu pengguna sehingga pengguna tidak perlu untuk membuka halaman baru hanya untuk menuliskan secuil balasan.





8. Aesthetic and minimalist design
: Jangan mengisikan informasi yang kurang berguna dan jarang digunakan oleh pengguna.

Penggunaan sebuah fungsi yang jarang digunakan akan mengurangi nilai |||||||||Web usability sebuah web. Dalam web ini,


9. Help users recognize, diagnose, and recover from errors
: Pesan kesalahan harus dijelaskan dalam bahasa yang jelas, menjelaskan masalah dan memberikan solusi.

asdasd


10.Help and documentation : Sistem menyediakan bantuan dan dokumentasi yang berisi informasi tentang penggunaan system.

Tidak terdapat fungsi Help mengenai keseluruhan web ini. Namun ada sebuah panduan jika kita akan melakukan registrasi.







Sekian analisis dari saya hari ini cukup sampai sini saja. Terima kasih telah berkunjung. Saya akan melengkapi posting ini dengan sebuah posting penutup yaitu : Analisis Web Usability : www.chip.co.id [part 4 of 4]




Terkait:
http://www.ipb.ac.id/
http://ilkom.fmipa.ipb.ac.id/
http://www.chip.co.id/
by : arif.nofyan.syah@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar