Sabtu, 26 Juni 2010

Analisis Web Usability : www.chip.co.id [part 2 of 4]

Ayo kita lanjutkan...

Posting ini adalah kelanjutan dari posting sebelumnya dengan judul yang sama (Analisis Web Usability : www.chip.co.id [part 1]). Pada posting ini saya akan memulai membahas point-point web usabilitynya.

1. Visibility of system status : Sistem harus menginformasikan segala sesuatu yang sedang terjadi.

Hal pertama yang harus dipenuhi oleh sebuah aplikasi, dalam hal ini website, adalah Visibility of system status. Tentu kesan pertama adalah pembuka yang sangat mempengaruhi mood user dalam berkunjung ke sebuah website. Bagaimana tampilan awal (home) sebuah website akan menjadi pertimbangan apakah situs yang dikunjungi tersebut adalah situs yang diinginkan oleh user, kalau situs tersebut tidak dapat memperlihatkan apa yang diinginkan user, maka bersar kemungkinan user akan segera keluar dari situs tersebut.

Untuk website CHIP ini, pertama kali kita mengunjungi maka akan langsung dihadapkan halaman HOME-nya. Disini CHIP dengan cepat menyajikan kepada user, bahwa user tersebut telah benar mengunjungi situs CHIP. Dengan adanya logo CHIP Online yang persis sama dengan logo dari majalah CHIP, user akan tahu bahwa situs ini adalah benar situs CHIP Online Indonesia.


CHIP juga menyajikan akses yang lengkap bagi user untuk dapat mengakses semua fasilitas yang ada di web tersebut. Sebut saja, dihalaman home kita disediakan Featured Post, Daily News, From the Lab, Tips, Direct, Gadget, Website of the Week, Chip Green, Games and Entertainment, dan 8 (delapan) fasilitas lainnya yang sangat cukup menjelaskan bahwa banyak sekali fasilitas yang disediakan oleh Chip Online Indonesia. Tidak hanya itu, di setiap fasilitas tersebut, disediakan pula beberapa content terbaru yang dapat kita akses langsung hanya dengan satu kali klik.


"Waw..full content!", itulah pernyataan yang pasti kita utarakan. Benar sekali, CHIP benar-benar menyediakan semua fasilitas yang ada dalam halaman home. Ini membuat situs tersebut benar-benar terlihat kaya akan content. Tentunya ini sangat bagus untuk sebuah situs informasi IT di Indonesia. Namun, dengan meletakkan semuanya di halaman HOME, tentunya ada sekuensinya. Pertama, untuk melihat semua fasilitas yang ada di HOME saja kita butuh meng-scroll halaman sebanyak minimal 3 kali. Untuk user dengan antusias tinggi, ia akan betah dengan hal semacam ini, namun untuk user kebanyakan hal ini akan sangat merepotkan. Kedua, dengan semua fasilitas tersebut dan dengan banyak sekali gambar dan animasi (sebagian iklan) akan membuat load page untuk halaman home situs tersebut akan butuh waktu lebih lama, apalagi yang kecepatan koneksi internetnya terbatas.


2. Match between system and real world : Sistem harus bertutur kata sesuai dengan bahasa yang familiar atau yang sering digunakan oleh pengguna.

Point selanjutnya adalah kecocokan sistem dengan dunia nyata. Disini CHIP Online Indonesia merupakan representasi dari majalah komputer dengan nama yang sama, yaitu majalah CHIP. Jika sebagai majalah CHIP adalah penyedia informasi dunia IT yang cukup lengkap dalam menyajikan informasi, maka CHIP Online Indonesia juga menyediakan informasi-informasi tersebut dalam bentuk digital. Cara menyajikan informasi di web tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga user dapat merasakan hal yang sama bila membacanya langsung dari majalah.



3. User control and fredom : Pengguna tgerkadang memilih pilihan yang salah sehingga sistem seharusnya menyediakan fungsi yang mengakomodasi hal tersebut seperti undo dan redo.

Selanjutnya adalah kontrol dan kebebasan penggua. Dalam hal ini tentu kita harus melihat keseluruhan website tersebut. Apakah di dalam web tersebut disediakan fungsi untuk membatalkan sebuah eksekusi dari sebuah perintah? Cukup sulit untuk menemukan adanya fasilitas ini di web tersebut. Namun setelah saya login sebagai user, saya menemukan satu hal. Ketika saya ingin logout, saya menemukan fasilitas untuk membatalkan logout tersebut. Mungkin hal ini adalah termasuk dalam user control and freedom jika mengacu pada penjelasan sebelumnya.


4. Consistency and standard : Pengguna tidak harus berpikir apakah kata, situasi, dan aksi yang berbeda ternyata memiliki arti yang sama.

Kita m ke point berikutnya, yaitu tentang konsistensi dan standar. Dalam point keempat ini, website tersebut memiliki nilai yang menunjukan hal positif dan ada pula yang masih kurang baik. Untuk nilai positif, kita bisa merasakan banyak standar dari sebuah situs yang digunakan dalam web ini. Sehingga kita dapat dengan cepat melakukan sebuah aksi tanpa harus berfikir aksi yang kita lakukan tersebut memiliki arti apa. Mulai dari bentuk artikel-artikel dan berita yang sangat user friendly. Terlebih lagi hal ini dapat kita rasakan ketika kita mengakses forum yang disediakan web ini. Struktur forum disini dibuat standar, sehingga sangat memudahkan bagi member untuk menggunakannya.



Untuk sisi kekurangannya, kita bisa melihat pada menu Special Offer. Disini saya pertama kali mengira bahwa didalam menu tersebut kita akan disediakan semacam tawara menarik akan sebuah produk, misalkan ada potongan harga khusus atau palah. Namun ternyata ketika saya masuk dalam menu tersebut, saya dihadapkan pada penjelasan mengenai Lelang. Hal ini tentunya tidak sesuai dengan perkiraan saya. Mungkin maksud dari yang empunya situs ini adalah menu Special Offer adalah tempat dimana kita dapat membuat penawaran khusus untuk sebuah produk yang kita ingin jual dengan memasukannya dalam lelang, sebab dengan lelang kta memberi kebebasan kepada pembeli untuk menentukan harga produk tersebut.



5. Error prevention
: Lebih baik adalah suatu sistem yang berhati-hati yaitu terdapat pesan error yang akan mencegah pengguna dari suatu masalah.

Error prevention pada web ini disediakan dengan baik, khususnya jika kita akan melakukan pengisisan form, contohnya pada saat registrasi dan yang lainnya.




Saya cukupkan posting kali ini. Analisis saya lanjutkan pada posting berikutnya (Analisis Web Usability : www.chip.co.id [part 3 of 4]).


Terkait:
http://www.ipb.ac.id/
http://ilkom.fmipa.ipb.ac.id/
http://www.chip.co.id/
by : arif.nofyan.syah@gmail.com

3 komentar:

  1. wah...
    langsung bantai aja gan kalo gitu...
    ehehe
    tapi bagus deh gan ane jadi ada yang bisa dicontoh...
    +1
    hehe

    BalasHapus
  2. wah belum analisisnya ternyata...
    ditunggu nih...
    kalo CHIP Online itu masalah utamanya mungkin webnya kepenuhan tuh halaman Homenya jadi pengguna mau gak mau harus scroll dulu untuk membaca homenya keseluruhan. Padahal lewat dari 1'49" pengguna udah kabur duluan...

    BalasHapus
  3. jika terdapat kekurangan pada user usability, maka akan menurunkan nilai user interface dan user experience,,,

    BalasHapus